Bappeda Provinsi DKI Jakarta Meraih Token of Appreciation dalam Pemanfaatan Data Registrasi Sosial Ekonomi Bappeda Provinsi DKI Jakarta Meraih Token of Appreciation dalam Pemanfaatan Data Registrasi Sosial Ekonomi

Bappeda Provinsi DKI Jakarta Meraih Token of Appreciation dalam Pemanfaatan Data Registrasi Sosial Ekonomi

Jakarta (24/6), Bappeda Provinsi DKI Jakarta menghadiri undangan dari Kementerian PPN/Bappenas Republik Indonesia dalam acara “Peluncuran Kolaborasi Pemanfaatan Sistem Data Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) Mewujudkan Satu Data Menuju Indonesia Emas 2045” yang diselenggarakan secara hybrid. Acara peluncuran ini bertujuan untuk memperkenalkan sistem satu data sosial ekonomi yang inovatif dalam mendukung upaya perencanaan dan penganggaran berbasis bukti untuk mengatasi berbagai isu yang terjadi di tingkat masyarakat.

Dihadiri oleh Gubernur, Bupati hingga Wali Kota dari seluruh Kota dan Provinsi di Indonesia, acara ini dibuka oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas yakni, Suharso Monoarfa  menekankan pentingnya pemanfaatan  data REGSOSEK mencapai Visi Indonesia Emas 2045. Data ini juga diharapkan dapat memperkuat dan membangun masyarakat kelas menengah yang kokoh dalam menuju Indonesia Emas pada tahun 2045. Oleh karena itu, kita perlu mendampingi dan mengawasi pengumpulan hingga pemanfaatan data REGSOSEK dalam membentuk Satu Data Indonesia yang nantinya dapat dibagi pakai sesuai dengan keperluan Kementerian dan Lembaga baik di tingkat Pusat maupun Daerah. Dengan demikian, pemadanan data dengan data yang sudah ada sebelumnya dari Kementerian dan Lembaga lainnya sangat diperlukan.

Acara dilanjutkan dengan simbolisasi penyerahan hak akses oleh Suharso Monoarfa kepada Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Ketenagakerjaan, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Gubernur Kalimantan Utara, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Timur, dan Perwakilan Bupati atau Wali Kota. Dalam hal ini, Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam menerima hak akses REGSOSEK.

Agenda penting selanjutnya adalah penyerahan Token of Appreciation oleh Menteri PPN/Bappenas kepada para pihak yang telah mendukung pemanfaatan data REGSOSEK dalam penyusunan perencanaan penganggaran program berbasis bukti di daerah. Dalam kesempatan ini, Bappeda Provinsi DKI Jakarta terpilih sebagai salah satu institusi Pemerintah Daerah yang menerima Token of Appreciation sebagai bukti komitmennya dalam pemanfaatan data REGSOSEK dalam penyusunan perencanaan pembangunan Jakarta menuju kota global yang berketahanan dan berkelanjutan.

Artikel Terkait
Aksesbilitas
Perbesar Text
Kecilkan Text
Readable Font
Atur Ulang / Reset