Peluncuran Buku "Jakarta’s Path to Top 20 Global City  Book 1: Jakarta’s Profile for Global Competitiveness" Peluncuran Buku "Jakarta’s Path to Top 20 Global City  Book 1: Jakarta’s Profile for Global Competitiveness"

Peluncuran Buku "Jakarta’s Path to Top 20 Global City Book 1: Jakarta’s Profile for Global Competitiveness"

Jakarta (08/10). Bertempat di Soehana Hall Energy Building, Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi meluncurkan buku pertama dari seri delapan buku berjudul "Jakarta's Path to Top 20 Global City, Book 1: Jakarta's Profile for Global Competitiveness".

 

Buku ini merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan firma konsultan manajemen global Kearney, yang bertujuan memetakan arah dan strategi sekaligus menandai langkah konkret Jakarta dalam mewujudkan ambisi menjadi salah satu kota global terkemuka di dunia.


Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Heru Budi Hartono, Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta; Atika Nur Rahmania, Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta; Raden Pardede, Pakar Ekonomi dan Staf Khusus Kemenko Perekonomian; Shirley Santoso, Presiden Direktur Kearney Indonesia; serta Rudolph Lohmeyer, pakar Kearney dari Amerika Serikat. Turut hadir pula perwakilan dari beberapa kementerian, Kepala Perangkat Daerah (OPD) Pemprov DKI Jakarta, akademisi dan sektor swasta.


Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menuturkan upaya Jakarta menuju kota global telah digaungkan sejak awal ia menjabat. Arah pembangunan Jakarta juga difokuskan agar mampu bersaing dengan kota-kota besar di dunia. Pj. Gubernur Heru juga terus menargetkan agar peringkat Jakarta sebagai kota global semakin naik dalam Global City Index.



"Kami sangat berkomitmen untuk bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam upaya mengangkat Jakarta menjadi model pengembangan kota yang inovatif; tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia dan di dunia." ujar Heru.

 

Pj. Gubernur Heru juga mengimbau jajarannya agar terus optimis dalam membangun Jakarta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan dilakukan dalam berbagai bidang, baik ekonomi, kesehatan, transportasi, hingga penanggulangan banjir.



 

Di kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania dalam laporannya menjelaskan buku ini merupakan peta penting yang akan menuntun langkah-langkah strategis menuju pencapaian Jakarta sebagai Kota Global yang diimpikan. Dengan peluncuran buku ini, diharapkan tercipta pemahaman yang lebih mendalam dan sinergi yang lebih erat dalam mencapai visi bersama menjadikan Jakarta sebagai Kota Global terdepan.


"Acara peluncuran ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang posisi strategis dan potensi besar Jakarta, serta melibatkan pemangku kepentingan dari sektor publik dan swasta dalam diskusi mendalam mengenai strategi untuk mencapai visi tersebut," tambahnya.


Buku perdana ini juga menyajikan analisis mendalam tentang profil Jakarta saat ini dalam berbagai aspek, mulai dari ekonomi, sumber daya manusia, infrastruktur, hingga kondisi sosial masyarakat yang menjadi analisis komprehensif dasar dalam perencanaan dan strategi pengembangan kota ke depan.

 

Shirley Santoso, Presiden Direktur Kearney Indonesia, mengatakan bahwa "Kami sangat bangga dapat berpartisipasi dalam peluncuran buku ini. Kami berharap bahwa buku ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan Jakarta menjadi salah satu kota global terkemuka."


"Dengan perpindahan ibu kota ke IKN, aspirasi kami adalah menjadikan Jakarta lebih dari sekedar hanya bertahan, tetapi juga unggul sebagai kota global. Roadmap RISE#20 yang kami bahas hari ini mendetailkan strategi di beberapa bidang penting yang akan dilalui dalam beberapa dekade mendatang," ujar Shirley.

 

Senada dengan Shirley, Raden Pardede, Pakar Ekonomi dan Staf Khusus Kemenko Perekonomian, yang turut hadir dalam peluncuran buku ini, menyampaikan bahwa daya saing global Jakarta harus dibangun dengan fondasi ekonomi yang kuat, SDM yang berkualitas, serta infrastruktur yang mendukung. Menurutnya, peluncuran buku ini adalah langkah awal dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pengembangan kota yang berkelanjutan. Kami berharap bahwa buku ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan Jakarta menjadi salah satu kota global terkemuka.

 

"Transformasi ekonomi yang sedang berlangsung di Indonesia, terutama Jakarta, akan menjadi fondasi utama dalam perjalanan kita menuju status kota global," tambah Raden.

 

Pakar Kearney dari Amerika Serikat, Rudolph Lohmeyer dalam kesempatan ini juga hadir memberikan wawasan global tentang bagaimana kota-kota dunia membangun daya saing mereka melalui inovasi dan kebijakan yang adaptif terhadap perubahan.


"Tahap awal lima tahun adalah saat yang krusial bagi Jakarta. Navigasi yang tepat dalam dinamika global adalah kunci untuk mencapai keberhasilan di fase pertama transformasi ini" ujar Rudolph.

 

Dalam peluncuran buku ini juga turut digelar diskusi panel yang menampilkan panelis ternama, seperti Ketua Indonesia Financial Group (IFG) Fauzi Ichsan, CEO IDX Iman Rachman, SEA Healthcare Lead Kearney Sanath Kumar, dan Direktur Pengembangan Strategis Dayalima Group Yuri Yogaswara.

 

Dalam diskusi ini, beberapa topik kunci dibahas, termasuk persaingan Jakarta di sektor industri dan ekonomi, peran pasar modal dalam visi kota global, kondisi industri kesehatan di Indonesia, dan strategi peningkatan kualitas tenaga kerja.



 

Buku "Jakarta's Path to Top 20 Global City, Book 1: Jakarta's Profile for Global Competitiveness" ini akan menjadi fondasi awal transformasi Jakarta, dengan tujuh buku lanjutan yang mendalami topik seperti ekonomi, sumber daya manusia, infrastruktur, dan masyarakat yang dijadwalkan akan diterbitkan dan tersedia bagi publik pada Desember 2024.

 

Dengan peluncuran buku ini, diharapkan tercipta pemahaman yang lebih mendalam dan kolaborasi yang lebih erat dalam mencapai visi bersama menjadikan Jakarta sebagai kota global terdepan.

Artikel Terkait
Aksesbilitas
Perbesar Text
Kecilkan Text
Readable Font
Atur Ulang / Reset