Berita Perencanaan|

Pada Kamis malam (9/6), Jakarta Fair Kemayoran atau yang biasa disebut Pekan Raya Jakarta ini resmi dibuka kembali setelah hiatus selama dua tahun akibat pandemi COVID-19. Digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jakarta Fair Kemayoran 2022 ini resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Hadirnya Jakarta Fair Kemayoran 2022 ini diharapkan dapat mendorong kembali perekonomian DKI Jakarta setelah sebelumnya sempat melambat karena dampak pandemi. Sebelumnya, tercatat jumlah pengunjung Jakarta Fair Kemayoran 2019 mencapai 6,8 juta orang dengan nilai transaksinya Rp 7,5 Triliun. Diharapkan pada Jakarta Fair Kemayoran 2022, nilai transaksi itu dapat dilampaui. Sebanyak 103 booth ikut  meramaikan anjungan Pemprov DKI Jakarta, dalam pagelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2022 di Hall C1 Jakarta International Expo (JIEXPO). Jumlah ini meliputi 76 UMKM, 14 OPD dan 13 BUMD.

Dalam pidato pembukaan, Anies Baswedan menyampaikan bahwa kita turut berbangga karena Jakarta Fair Kemayoran merupakan ajang pameran produk-produk paling terbesar, terlama, dan terlengkap se-Asia Tenggara. Jadi, bukan hanya terbesar dalam skala Jakarta, namun juga regional.

Selain transaksi jual-beli, Gubernur Anies Baswedan berharap agar pameran produk Jakarta Fair ini dapat memberikan pelajaran lain yang lebih berarti yakni, proses tukar pengalaman dan jaringan. Menurutnya, kegiatan expo seperti ini bukan sekadar antar pengunjung, tetapi setiap stan yang ada di sini saling belajar satu sama lain. Belajar bagaimana cara menjajakan produk hingga cara meningkatkan kualitas produk mereka.

Pada bagian stan pelayanan publik, beberapa OPD juga mendirikan stan di antaranya, Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Smart City Dinas Kominfotik, Dinas KPKP, Dinas PRKP, Dinas Dukcapil, Dinas PPAPP, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Kesehatan, Dinas PMPTSP, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, Bapenda, Dishub/Jaklingko, Bank DKI, dan lain sebagainya. Semoga dengan hadirnya kembali Jakarta Fair Kemayoran 2022 ini, diharapkan para pelaku usaha yang ikut terlibat dapat maju dan berkembang bersama.

Close Search Window