Image

Tim Koordinasi Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) DKI Jakarta melalui Ketua Tim Pelaksana yaitu Kepala Bidang Kesra Bappeda Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan rapat koordinasi untuk menyusun Laporan Pemantauan TPB/SDGs Periode Semester II Tahun 2020 dan Laporan Pencapaian TPB/SDGs Tahun 2020 pada hari Senin dan Selasa, 17 dan 18 November 2020 secara daring. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pihak baik pemerintah maupun non pemerintah sesuai dengan prinsip kolaborasi dan partisipasi TPB/SDGs yang inklusif dan setara.

Pemantauan dan pencapaian TPB/SDGs merupakan amanat dari Perpres Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian TPB/SDGs. Provinsi DKI Jakarta juga secara khusus mengatur dalam Pergub Nomor 156 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Daerah TPB Tahun 2017-2022 dan Kepgub Nomor 1920 Tahun 2018 tentang Tim Koordinasi Pelaksanaan Pencapaian TPB/SDGs di Provinsi DKI Jakarta.

Tujuan pemantauan pencapaian TPB/SDGs yang dilaporkan setiap 6 (enam) bulan sekali adalah untuk mengukur kemajuan pencapaian target dengan menggunakan indikator yang telah ditetapkan. Pemantauan ini juga dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan mengantisipasi permasalahan yang timbul dan/atau akan timbul agar dapat diambil tindakan pencegahan sedini mungkin.

Pemantauan pencapaian ini kemudian dievaluasi sebanyak 1 (satu) kali setahun untuk memberikan gambaran atas capaian, menganalisis permasalahan dan faktor penyebabnya. Evaluasi tersebut juga dilakukan sebagai upaya menerima umpan balik bagi perbaikan perencanaan kebijakan, program, dan kegiatan khususnya terkait dengan TPB/SDGs. Selama tahun 2019 lalu, capaian target terbaik TPB/SDGs di Provinsi DKI Jakarta diantaranya menurunnya angka kemiskinan menjadi 3,42%, meningkatnya akses air minum layak 88,39%, dan meningkatnya penggunaan transportasi publik sebesar 21,7% yang pada tahun 2018 berada pada angka 18%. Dokumen Laporan Pencapaian TPB/SDGs secara lengkap dapat diakses publik melalui website Sekretariat TPB/SDGs DKI Jakarta yakni sdgs.jakarta.go.id.  

Ketua Tim Pelaksana melalui Sekretariat TPB/SDGs DKI Jakarta, mengajak seluruh pihak, untuk bersama-sama melaporkan partisipasi serta capaiannya dalam mendukung indikator TPB/SDGs. Melalui pendekatan 4 pilar, yakni Pilar Sosial, Pilar Ekonomi, Pilar Lingkungan, dan Pilar Hukum Tata Kelola diharapkan terdapat peningkatan partisipasi seluruh pihak agar capaian pelaksanaan TPB/SDGs Provinsi DKI Jakarta lebih optimal pada tahun 2020.

Comments

Indikator Kesejahteraan Rakyat DKI Jakarta Tahun 2020
Pengunjung
  • Total Pengunjung