Image

Selasa, 1 September 2020, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan Ph.D., memberikan sambutan pada seminar online Dutch Training and Exposure Program (DUTEP). Seminar yang dilakukan secara daring tersebut menampilkan perwakilan alumni DUTEP dan perwakilan konsorsium Belanda yaitu, Nuffic Neso, Rotterdam University of Apllied Sciences (RUAS), Pemerintah Kota Rotterdam, Waterboard Delfland, Van Oord dan Port of Rotterdam. Acara diawali dengan paparan pengalaman dan hasil pembelajaran oleh perwakilan alumni dilanjutkan dengan peluncuran folder DUTEP dalam aplikasi perpustakaan digital iJakarta.

DUTEP merupakan kolaborasi sister city Jakarta-Rotterdam, yaitu program magang bagi para ASN Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama 8-12 minggu di kantor pemerintah atau institusi yang fokus pada manajemen tata air dan perencanaan perkotaan di Belanda Sejauh ini sejumlah 60 alumni DUTEP telah belajar secara langsung di Belanda terkait pengelolaan manajemen tata air dan menciptakan kota yang berketahanan. Isu pembelajaran dalam magang tersebut terkait naturalisasi sungai, perencanaan kota berbasis tata air, aplikasi smart city untuk pengembangan pelayanan terkait tata air, manajemen air hujan dan air limbah, infrastruktur biru, abu dan hijau yang terintegrasi, adaptasi iklim pada area delta dan badan air, serta perlindungan pesisir.

Pengelolaan manajemen tata air merupakan isu yang penting dan strategis bagi Jakarta maupun Rotterdam. Harapannya akan banyak praktik baik dan ide inovatif yang dihasilkan alumni DUTEP bagi kedua negara. Tidak hanya sampai disitu, DUTEP juga diharapkan mampu mempererat hubungan kekerabatan antara Indonesia, DKI Jakarta khususnya, dengan Pemerintah Kota Rotterdam.

Kedepan, semoga hasil DUTEP ini mampu memberikan sumbangsih bermakna terhadap pembangunan Kota Jakarta maupun Rotterdam, terutama dalam membangun semangat kota yang terintegrasi dan berketahanan.

Comments

Jakarta Dalam Angka Edisi September 2020
Pengunjung
  • Total Pengunjung