Image

Senin, 3 Agustus 2020, Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Nasruddin Djoko Surjono secara resmi membuka Online Meeting Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD Provinsi DKI Jakarta tahun 2017-2022. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memenuhi amanat konstitusi sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 pada Pasal 48 bahwa Rancangan Awal RPJMD dibahas dengan para pemangku kepentingan melalui Forum Konsultasi Publik.

Sebagaimana diketahui, pada awal tahun 2020 Jakarta sebagai ibukota negara menjadi salah satu episentrum penyebaran Covid-19 yang berakibat pada terpukulnya seluruh sektor kehidupan terutama perekonomian. Sebagai respon atas pandemi tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menginisiasi perubahan kebijakan jangka menengah dalam rangka pemulihan dan pemantapan pembangunan pasca pandemi (future normal) melalui perubahan RPJMD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017-2022.

Proses perubahan RPJMD DKI Jakarta ini dilatarbelakangi oleh kontraksi APBD, perlambatan ekonomi dan penurunan PAD, serta upaya adaptasi dengan kondisi pandemi sesuai dengan rekomendasi revisi RPJMD 2017-2022 dari DPRD Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, dengan terbitnya RPJMN 2020-2024 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 maka perlu dilakukan updating mulai dari struktur program hingga tataran kegiatan.

Melaui Forum Konsultasi Publik Perubahan RPJMD DKI Jakarta ini, diharapkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan masukan untuk kebijakan pembangunan dalam rangka mewujudkan visi dan misi jangka menengah sehingga terwujud pembangunan Jakarta yang optimal bagi pembangunan manusia, ekonomi dan infrastruktur, aparatur yang berintegritas, kota yang lestari, dan menjadi episentrum simpul kemajuan.

 

 

Aktifitas ini dilaksanakan dengan telah menerapkan protokol pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di tempat kerja sebagaimana tercantum dalam Pergub Provinsi DKI Jakarta No. 33 Tahun 2020.

Comments

Jakarta Dalam Angka Edisi September 2020
Pengunjung
  • Total Pengunjung