Image

Gubernur Provinsi DKI Jakarta telah menyampaikan laporan pelaksanaan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/ SDGs) Tahun 2019 kepada Menteri Dalam Negeri dan Menteri PPN/Kepala Bappenas pada tanggal 22 Mei 2020. Laporan pelaksanaan tersebut merupakan amanat dari Peraturan Presiden RI Nomor 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Peraturan Menteri PPN/Kepala Bappenas Nomor 7 tahun 2018 tentang Koordinasi, Perencanaan, Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, juga merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memastikan pencapaian target TPB/SDGs dan penentuan langkah-langkah mitigasi yang dilakukan agar target tersebut dapat terealisasi.

Provinsi DKI Jakarta berhasil mencapai berbagai target dari TPB/SDGs. Penurunan tingkat kemiskinan, perluasan akses air minum layak dan meningkatnya penggunaan moda transportasi publik merupakan tiga dari sejumlah keberhasilan pencapaian TPB/SDGs Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2019.

Berdasarkan data BPS pada September tahun 2019, tingkat kemiskinan Provinsi DKI Jakarta berada pada angka 3,42%, membaik dari tahun 2018 yakni 3,55%. Dengan kata lain, Provinsi DKI Jakarta berhasil menurunkan tingkat kemiskinan meskipun masih berada dibawah target Rencana Aksi Daerah (3,38%). Perbaikan juga terjadi pada persentase rumah tangga yang memiliki akses terhadap layanan sumber air minum yang layak dan berkelanjutan yakni dari 85,88% rumah tangga pada tahun 2018 menjadi 88,39% rumah tangga pada tahun 2019. Provinsi DKI Jakarta juga berhasil mengajak masyarakat menggunakan transportasi publik, terbukti dengan meningkatnya persentasi penggunaannya dari 18% pada tahun 2018 menjadi 21,7 % pada tahun 2019.

Comments

Jakarta Dalam Angka Edisi September 2020
Pengunjung
  • Total Pengunjung