Image

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan awal bulan Juni sebagai masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju fase new normal. Penetapan masa transisi tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada Kamis, 4 Juni 2020 di Balaikota. Masa ini menjadi periode transisi dari fase pembatasan menuju fase masyarakat sehat, aman dan produktif.

Semenjak pengetatan dilakukan di bulan Maret, selama 2 (dua) minggu terakhir ini secara berturut-turut tren tingkat penularan di Jakarta mulai melandai secara konsisten. Saat ini, Reproduction Number (Rt) atau tingkat penularan Jakarta turun hingga ke titik 0,99. Berdasarkan hasil kajian Tim Gugus Tugas Covid-19, masa transisi PSBB baru bisa dilakukan jika hasil penilaian menunjukkan angka di atas 70 poin di mana sejak 2 minggu terakhir, Jakarta telah mencapai tingkat hijau dengan angka 76 poin.

Masa transisi disiapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelum menerapkan New Normal atau tatanan hidup baru di tengah wabah corona dan menghidupkan kembali perekonomian masyarakat. Meskipun kegiatan ekonomi dan pemerintahan mulai dilonggarkan, namun disiplin penerapan protokol Covid-19 tetap harus dilaksanakan; seperti penggunaan masker, pemeriksaan suhu dan mencuci tangan. Masa transisi ini dirancang dengan 2 (dua) fase yaitu Fase I dan Fase II; setiap Fase akan berlaku selama 1 (satu) bulan dan akan diperpanjang sesuai hasil pemantauan kondisi pengendalian Covid-19. Namun jika terjadi tingkat penularan yang mengkhawatirkan, Pemprov DKI Jakarta dapat menghentikan seluruh kegiatan dan menerapkan kembali pengetatan.

Comments

Jakarta Tangguh
Pengunjung
  • Total Pengunjung

Koneksi ke facebook

Belum terkoneksi ke widget facebook

Copyright © 2018 - Bappeda Provinsi DKI Jakarta

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta