Image

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta sedang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan berjenjang dari tingkat Rukun Warga (RW), Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten dan Provinsi.

Pelaksanaan Musrenbang diawali dengan persiapan, dimana Bappeda Provinsi DKI Jakarta bertugas menyediakan dan menginformasikan data awal informasi pembangunan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020 kepada Subanppeko/Kab, menyiapkan dan mempublikasikan dasar hukum, mekanisme pelaksanaan musrenbang dan panduan pelaksanaan seluruh tahapan Musrenbang Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020. Untuk mendukung kegiatan tersebut, Bappeda Provinsi DKI Jakarta juga melakukan perbaikan, pemutakhiran dan sinkroniasasi sistem e-Musrenbang sebagai sarana untuk merumuskan RKPD baik berdasarkan program yang telah diusulkan melalui rembuk RW atau aspirasi langsung dari warga DKI Jakarta. Bappeda Provinsi DKI Jakarta juga telah melaksanakan pelatihan dan sosialisasi Sistem e-Musrenbang Provinsi DKI Jakarta tahun 2020 pada tanggal 11 Desember 2019 dengan mengundang perwakilan dari seluruh Kelurahan dan Subanppeko/Kab Provinsi DKI Jakarta.

Pelaksanaan Musrenbang Provinsi DKI Jakarta pada tahap Rembuk RW yang dilaksanakan di 2737 RW dimulai sejak awal Januari 2020. Hal ini dilakukan dalam rangka penjaringan usulan masyarakat di setiap RW dengan melibatkan 155 mahasiswa sebagai volunteer pendamping warga.

Selanjutnya, akan dilaksanakan Musrenbang tingkat Kelurahan (267 Kelurahan) dan Musrenbang tingkat Kecamatan (44 Kecamatan) pada Februari 2020, Musrenbang tingkat Kota/Kabupaten pada bulan Maret 2020 dan Musrenbang tingkat Provinsi pada Bulan April 2020.

Dalam proses Musrenbang ini diharapkan partisipasi aktif masyarakat dari berbagai kalangan dan peran para mahasiswa volunteer mampu mengoptimalkan penjaringan aspirasi  penyusunan perencanaan pembangunan DKI Jakarta.  

Comments

Ganjil Genap
Pengunjung
  • Total Pengunjung

Koneksi ke facebook

Belum terkoneksi ke widget facebook

Copyright © 2018 - Bappeda Provinsi DKI Jakarta

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta