Image

Rabu (18/12), peserta The 3rd South-South Knowledge Exchange Workshop melakukan kunjungan ke Rumah Pompa Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara dan kawasan kumuh Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru. Peserta dibagi kedalam 2 kelompok, kelompok 1 melakukan kunjungan ke Kelurahan Galur Kecamatan Johar Baru, tema yang diusung adalah Slum Upgrading Programme - CAP/CIP. Sementara itu, kelompok 2 berkunjung ke Waduk Pluit dengan tema kunjungan Disaster Resilient and Flood Management Programme.

Waduk Pluit dipilih sebagai salah satu yang dikunjungi oleh peserta workshop karena lokasi ini merupakan salah satu investasi penting dalam sistem pengendalian banjir dimana air dari sejumlah aliran sungai di  Provinsi DKI Jakarta ditampung di lokasi ini. Pada kunjungan ini, peserta diberikan informasi terkait mitigasi bencana dan manajemen banjir di Provinsi DKI Jakarta dari Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Lingkungan Hidup (LH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Setelah itu, peserta diajak melihat langsung bagaimana teknis pengelolaan pengendalian banjir di Provinsi DKI Jakarta melalui peninjauan terhadap fasilitas Pompa Waduk Pluit dan melihat area tanggul laut. Kemudian dilaksanakan penjelasan dan diskusi mengenai tanggul laut dan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), yang dilanjutkan diskusi dengan masyarakat sekitar untuk mengetahui bagaimana manfaat yang dirasakan melalui konsep pengendalian banjir tersebut.

Kunjungan berikutnya adalah meninjau kawasan kumuh Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru. Peserta diberikan penjelasan terkait konsep penataan kawasan kumuh oleh perwakilan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Provinsi DKI Jakarta. Untuk mengetahui konsep ini, peserta dibagi 3 kelompok untuk bergantian berkeliling kampung mengunjungi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Instalasi Pengolahan Air Limbang (IPAL) Komunal dan Taman Vertikal/ Mural Agar peserta mengetahui dampak positif dari penataan kawasan kumuh ini, peserta diberikan kesempatan untuk diskusi dengan masyarakat sekitar.

Sebelum melakukan kunjungan ke lokasi berikutnya, peserta workshop melakukan presentasi hasil pembelajaran kunjungan di hari sebelumnya dan dilanjutkan dengan sesi diskusi panel. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta berharap, peserta workshop dapat menyerap dan mentransfer informasi yang didapat baik melalui kunjungan langsung ke wilayah pembangunan dan wisata Provinsi DKI Jakarta maupun melalui hasil diskusi panel.

Comments

Jakarta Tangguh
Pengunjung
  • Total Pengunjung

Koneksi ke facebook

Belum terkoneksi ke widget facebook

Copyright © 2018 - Bappeda Provinsi DKI Jakarta

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta