Image

Selasa (5/11), Bidang Pemerintahan Bappeda Provinsi DKI Jakarta melaksanakan pembahasan kajian penataan kawasan di Wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat.  Pembahasan ini bertempat di Ruang Tempo Doeloe, Balaikota Provinsi DKI Jakarta dan dipimpin oleh Arief Amin, Kepala Bidang Pemerintahan Bappeda Provinsi DKI Jakarta. Penataan kawasan akan dilakukan pada 19 (sembilan belas) kawasan prioritas yang berada pada seluruh kota/kabupaten administrasi Provinsi DKI Jakarta. Pembahasan kali ini dilakukan terhadap 9 (sembilan) kawasan prioritas, yaitu Kawasan Tebet, Pasar Baru, Kebon Bang Jaim, Johar Baru, Lenteng Agung, Sentra Flora Fauna Semanan, Sentra Promosi dan Pemasaran Ikan Hias Slipi, Hutan Rawa Buaya, dan Sentra Primer Baru Barat.

Penataan kawasan ini dimaksudkan untuk meningkatkan nilai tambah kawasan, meningkatkan kualitas pembangunan yang holistik dan berkesinambungan, serta menciptakan spot-spot kawasan yang ikonik, aman, dan nyaman. Masing-masing kawasan diarahkan untuk memiliki tema penataan yang jelas dengan output yang terukur. Sebagai contoh, pengembangan Kawasan Tebet dengan tema “Menghidupkan Ruang Luar Publik Kawasan Tebet Sebagai Tempat Ketiga (Placemaking & Third Place) yang Menumbuhkan 4K (Karakter, Konektivitas, Kolaborasi dan Kreativitas).”

Penataan kawasan akan difokuskan pada program dan kegiatan yang mendorong integrasi sektor transportasi, menciptakan pedestrian yang aman dan nyaman, peremajaan jembatan penyeberangan, pembangunan ruang interaksi warga, pengembangan kawasan terbuka hijau, penyelesaian masalah PKL dan parkir, serta pembangunan lainnya yang menunjang aktivitas ekonomi dan pariwisata di Provinsi DKI Jakarta. Pembangunan dilakukan dengan memperhatikan prinsip keterhubungan humanis, keberlanjutan, hijau, terintegrasi, dan ramah disabilitas.

Pembangunan ini akan dilaksanakan secara bertahap dan dimulai dari Tahun 2020 dan diharapkan dapat tuntas dibangun pada Tahun 2022.

Comments

Ganjil Genap
Pengunjung
  • Total Pengunjung

Koneksi ke facebook

Belum terkoneksi ke widget facebook

Copyright © 2018 - Bappeda Provinsi DKI Jakarta

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta