Image

Jumat (1/11), Bidang Perencanaan dan Pendanaan Pembangunan (PPP) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapppeda) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan rapat terkait pembahasan isu strategis di masing-masing bidang dalam rangka finalisasi persiapan pelaksanaan Rembuk RW Tahun 2020 di Ruang Tempo Doeloe, Balaikota Provinsi DKI Jakarta.  Rapat ini dibuka oleh Bapak Andhika Ajie, ST, MUAP, Kepala Subbidang Rencana Kerja Pembangunan Daerah Bappeda Provinsi DKI Jakarta.

Dalam rapat ini, setiap bidang diberikan tanggungjawab membantu mengoordinasikan kepada Dinas/Sudin terkait isu strategis. Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra)  Bappeda Provinsi DKI Jakarta bertanggungjawab untuk mengkoordinir terkait isu penurunan angka kemiskinan Provinsi DKI Jakarta.  Persentase penduduk miskin sampai dengan Maret 2019 mencapai 3,47%, menurun dari September 2018 yang mencapai 3,55%.  Artinya, persentase kemiskinan di Provinsi DKI Jakarta mengalami penurunan sebesar 0,08%.  Selain itu, Bidang Kesejahteraan Rakyat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk menuntaskan masalah stunting di Provinsi DKI Jakarta.  Bidang Kesra juga bertanggungjawab dalam mengkoordinir dengan setiap Dinas/ Sudin terkait isu SDGs, pengurangan plastik, taman (penghijauan lingkungan) dan penggunaan air.

Bidang Sarana Prasarana Kota dan Lingkungan Hidup (SPKLH) Bappeda Provinsi DKI Jakarta bertanggungjawab dalam isu mengatasi permasalahan udara, pengelolaan sampah dan penggunaan air, sedangkan Bidang Pemerintahan Bappeda Provinsi DKI Jakarta bertanggungjawab dalam isu mengatasi masalah kebakaran dan pemahaman mitigasi bencana.  Bidang Perekonomian Bappeda bertanggungjawab untuk isu urban farming, bank sampah serta pariwisata.  Tim SDGs Provinsi DKI Jakarta akan membantu untuk melakukan penelitian terkait isu-isu diatas.

Seluruh bidang yang memiliki tanggungjawab terkait isu-isu tersebut, diwajibkan untuk koordinasi dengan setiap Dinas/ Sudin yang bersangkutan.  Semenatra itu, para pendamping Rembuk RW akan diberikan pelatihan dan pembekalan tentang mekanisme penginputan usulan, serta isu-isu strategis tersebut agar dapat membantu memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai isu-isu terkini.

Comments

Ganjil Genap
Pengunjung
  • Total Pengunjung

Koneksi ke facebook

Belum terkoneksi ke widget facebook

Copyright © 2018 - Bappeda Provinsi DKI Jakarta

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta