Image

 Kick-Off Meeting Kerja Sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Kawasaki, Jepang, untuk Pembangunan Tanpa Karbon Tahun 2020 – 2021 resmi dimulai. Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Nasrudddin Djoko Soerjono membuka secara langsung pertemuan secara virtual tersebut. Kerjasama ini merupakan penanda dimulainya semangat baru dari kedua belah pihak, khususnya Jakarta dan Kawasaki bagi keberlanjutan lingkungan yang telah diinisiasi sejak tahun 2017 lalu.

Kerjasama dimulai dengan kerangka Joint Crediting Mechanism (JCM), yang merupakan proyek kerjasama bilateral (Government to Government /G2G) antara Pemerintah Jepang dan Pemerintah Indonesia dalam hal kemitraan pembangunan rendah karbon. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Menteri Luar Negeri Jepang dan Menko Bidang Perekonomian RI pada bulan Agustus 2013. Implementasinya dilanjutkan dengan kerjasama City to City  antara beberapa Pemerintah Kota di Indonesia dengan kota-kota di Jepang, seperti Pemkot Surabaya dengan Kitakyushu, Pemerintah Kota Batam dengan Yokohama dan Pemerintah Kota Bandung dengan Kawasaki. Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menindaklanjutinya dengan Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta dan Walikota Kawasaki Jepang pada tanggal 22 Maret 2019 tentang Kerja Sama Teknis untuk Pembangunan Tanpa Karbon baik pada lingkup Government to Government (G to G) ataupun Business to Business (B to B) dalam bentuk pelaksanaan proyek (fisik) rendah karbon maupun City to City Collaboration berupa workshop, studi banding, knowledge sharing dll.

Selanjutnya untuk periode Fiscal Year 2020 – 2021, disepakati 3 topik utama yang akan menjadi fokus perhatian city to city collaboration yaitu knowledge sharing terkait penerapan Electric Vehicle (EV) Bus untuk angkutan umum massal di Jakarta, eksplorasi teknologi hydrogen energy untuk pembangkit listrik di Pulau Sebira, Kepulauan Seribu, serta mendukung perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) pada pencapaian pilar SDG’s Nomor 7 (Energi Bersih dan Terjangkau), 13 (Penanganan Perubahan Iklim), dan 17 (Kemitraan untuk Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) sebagai salah satu kunci dalam menciptakan dunia yang lebih baik.

Dalam pencapaiaan TPB/SDGs penanganan perubahan iklim, sektor transportasi merupakan salah satu kunci pada penurunan Gas Rumah Kaca (GRK) sejalan dengan perubahan paradigma Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menempatkan pejalan kaki dan kendaraan tidak bermotor sebagai prioritas utama pengguna jalan. Sepanjang tahun 2018-2019 ini, berbagai upaya dan terobosan di sektor transportasi terus digalakkan seperti pembangunan kurang lebih 200 km jalur pejalan kaki, pembangunan 63 km jalur sepeda dan akan diteruskan mencapai 200 km pada periode selanjutnya. Selain itu, pembangunan angkutan umum massal BRT, MRT dan LRT, dan target penerapan 100 bus listrik serta berbagai insentif bagi kendaraan listrik.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyambut baik kolaborasi ini dan mengundang Pemerintah Kota Kawasaki untuk dapat berpartisipasi dalam JDCN Forum 17-18 Desember 2020. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan, sehingga Kerjasama Pembangunan Tanpa Karbon akan menjadi wajah baru arah pembangunan yang ramah terhadap lingkungan dan berdampak baik bagi masa depan peradaban manusia.

Comments

Indikator Kesejahteraan Rakyat DKI Jakarta Tahun 2020
Pengunjung
  • Total Pengunjung