Image

Selasa (19/11), Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Pemantauan Pembangunan (PPPP) Bappeda Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan (Pusdatinrenbang) melaksanakan sosialisasi implementasi aplikasi e-SAKIP di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.  Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Ruang Pola,  Balaikota Provinsi DKI Jakarta. Acara ini dibuka oleh Plt. Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Ibu Suharti dan turut dihadiri oleh masing-masing perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) dan Bidang/Bagian Bappeda/ Subbanppeko/Kab Provinsi DKI Jakarta. 

Selanjutnya, pemaparan terkait  kebijakan dan penjelasan teknis perencanaan dan pengukuran Kinerja Perangkat Daerah yang dimoderatori oleh Bapak Feirully Irzal, Kepala Bidang  PPPP Bappeda Provinsi DKI Jakarta. Materi terkait kebijakan implementasi e-SAKIP disampaikan oleh Bapak Rachmat Mulyadi, Kepala Subbidang Pemantauan dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan serta Pengoordinasian Inovasi Daerah PPPP Bappeda Provinsi DKI Jakarta, sedangkan penjelasan teknis perencanaan dan pengukuran kinerja perangkat daerah melalui aplikasi e-SAKIP disampaikan oleh Bapak Aditya Oktaviali, Analis Sistem Informasi Pusdatinrenbang Provinsi DKI Jakarta.

Sebagaimana yang tertera pada Peraturan Presiden No 29 Tahun 2014, SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah. Sebagai implementasi SAKIP, Provinsi DKI Jakarta telah menerbitkan Instruksi Sekretaris Daerah (Sekda) No 105 Tahun 2019 dan Bappeda Provinsi DKI Jakarta telah membangun sistem e-SAKIP sebagaimana terlampir pada Instruksi Sekretaris Daerah No 105 Tahun 2019.

Harapannya, melalui e-SAKIP ini dapat menyederhanakan proses perencanaan dan pengukuran kinerja secara berjenjang serta meningkatkan kualitas akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Comments

Ganjil Genap
Pengunjung
  • Total Pengunjung

Koneksi ke facebook

Belum terkoneksi ke widget facebook

Copyright © 2018 - Bappeda Provinsi DKI Jakarta

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta