Image

Selasa (12/11), Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan rapat Koordinasi pengarusutamaan TPB/SDGs berbasis Kawasan di Kelurahan Kalibaru Kecamatan Cilincing, Kota Administrasi Jakarta Utara. Rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat II Bappeda Provinsi DKI Jakarta ini bertujuan untuk mengoordinasikan terkait agenda pengarusutamaan SDGs berbasis kawasan di Kelurahan Kalibaru.

Acara ini dipimpin oleh Drs. Maksum, MSI, Kepala Subbidang Sosial, Pemuda dan Olahraga Bidang  Kesra Bappeda Provinsi DKI Jakarta serta turut dihadiri oleh Bidang Pemerintahan dan Bidang Perekonomian Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Bakesbangpol, Dinsos, DPPAPP, Dinas KUKMP, DPE, DKPK, DLH, Disdukcapil, Biro Dikmental, Biro Kesos, Biro PKLH, Biro Perekonomian, Pemerintahan Kota Jakarta Utara (Walikota, Subanppeko, Sudin Kesehatan, Sudin CKTRP, Sudin Sosial, Sudin PPAPP, Sudin PRKP, Sudin KUKMP, Sudin Pendidikan II, Sudin LH, Sudin Dukcapil, Kecamatan Cilincing dan Kelurahan Kalibaru) serta Sekretariat SDGs Provinsi DKI Jakarta.

Poin utama yang menjadi pembahasan dalam pelaksanaan koordinasi tersebut yaitu aspek-aspek yang masih menjadi permasalahan/ tantangan untuk pengarustamaan TPB/ SDGs di Kelurahan Kalibaru.  Melalui rapat tersebut dapat diperoleh hasil identifikasi permasalahan yang ada di Kelurahan Kalibaru berdasarkan data Community Action Plan (CAP) 2018, mekanisme kolaborasi dengan aktor non pemerintah dan lainnya. Terdapat sedikitnya 29 tantangan/permasalahan di Kelurahan Kalibaru yang terkait dengan 17 Goals SDGs, sehingga diperlukan solusi yang sejalan dengan SDGs (universal, integration dan no one left behind) untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam mengatasi tantangan ini, Bidang Kesra membuat matriks untuk menginventarisasi program/ kegiatan yang eksisting dan potensial dilaksanakan di Kelurahan Kalibaru yang dilengkapi dengan tantangan untuk mengimplementasikannya.  Masing-masing Bidang Perencanaan diharapkan dapat turut mengoordinasika Perangkat Daerah di bawah koordinasinya untuk memastikan kelengkapan matriks tersebut.

Hasil dari pengarusutamaan SDGs berbasis kawasan tersebut diharapkan dapat menghasilkan pola kolaborasi lintas sektor yang cukup baik untuk direplikasikan ke kawasan lainnya di Provinsi DKI Jakarta.  Selanjutnya, akan dilaksanakan rapat lanjutan untuk mempertajam hasil rapat hari ini dan  diharapkan dapat dibawa ke dalam Forum Lintas Sektor SDGs yang bersinergi dengan agenda Rapat Kerja Daerah Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi DKI Jakarta yang akan berlangsung tanggal 3-4 Desember 2019.

Comments

Ganjil Genap
Pengunjung
  • Total Pengunjung

Koneksi ke facebook

Belum terkoneksi ke widget facebook

Copyright © 2018 - Bappeda Provinsi DKI Jakarta

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta